SEJARAH DAN CARA KERJA CPU

SEJARAH DAN CARA KERJA CPU

PENDAHULUAN
A.   Latar belakang
Beberapa orang tahu dan paham menggunakan alat yang namanya komputer, akan tetapi jarang diantara orang yang dapat mengoperasikan komputer tersebut mengenal nama perangkat juga sistem kerja dari komputer itu sendiri. Oleh karena itu alangkah lebih bijaksananya kita tahu, paham, dan mengerti mengenai perangkat komputer dan cara kerjanya khusunya pada bagian CPU.
CPU (Central Processing Unit) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolahan Pusat. Merupakan tempat pemrosesan instruksi -instruksi program. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Dengan penjelasan perangkat yang ada di dalam CPU nantinya diharapkan pembaca dapat mengetahui tidak hanya bisa menggunakan akan tetapi juga paham cara kerja dari CPU tersebut.
Pemahaman terhadap cara kerja dan juga perangkat yang ada didalam CPU memudahkan user untuk memperbaiki ketika terjadi kesalahan pada saat pengoperasian. Selain itu, maintenance juga semakin mudah karena user sudah mengetahui perangkat yang terdapat di dalam CPU beserta cara kerjanya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dinamakan dengan CPU?
2.      Perangkat apa saja yang terdapat di dalam CPU?
3.      Bagaimana cara kerja CPU?

C.   Tujuan
1.      Mengetahui pengertian dari CPU
2.      Mengetahui perangkat yang ada di dalam CPU
3.      Mengetahui cara kerja CPU




PEMBAHASAN
A. Sejarah dan Pengenalan CPU
CPU (Central Processing Unit) adalah bagian utama komputer yang berupa perangkat keras dan merupakan “otaknya “ komputer .Fungsi CPU yang terdapat pada semua jenis computer adalah untuk memproses data-data yang dimasukan lewat papan ketik dan ditampilkan lewat layar monitor.
Perkembangan CPU dibagi beberapa Periode :
1.      Generasi Pertama
ENIAC(Electrical Numeric Intregrator and Computer) yang diproduksi oleh IBM pada tahun 1945 Adalah salah satu “moyang” computer yang ukuranya super-besar.Bayangkan saja,dengan perangkat yang terdiri dari 18.000 tabung kedap udara, dibutuhkan ruangan seluas 18×8 meter persegi untuk pengoperasianya!hampir separuh luas lapangan sepak bola.
Perkembangan CPU generasi pertama berlanjut dengan lahirnya EDVAC(Electronic Discrete Variable Automatic Computer) adalah computer ukuran besar pertama yang digunakan untuk keperluan bisnis pada tahun 1951-an.
2.      Generasi Kedua
Ditemukannya transistor pada tahun 1956 menjadi awal dari revolusi computer.Transistor menggantikan tube vakum pada televise,radio,dan computer sehingga ukurannya menjadi jauh lebih kecil daripada sebelumnya.Transistor juga membuat kebutuhan listrik menjadi lebih rendah.
Pada periode ini mulai dikenal bahasa pemrograman.Dengan bahasa pemrograman,computer mulai mudah dimengerti banyak orang karena istilah yang digunakan untuk memasukan data bukan lagi angka – angka biner melainkan sudah berupa teks.
Pada masa ini,computer semakin banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis karena benda ini telah mampu menjalankan fungsi – fungsi transaksi bisnis.
3.      Generasi Ketiga
Ditemukan IC (Integrated Circuit) oleh Jack Kilby pada tahun 1960-an menjadi tonggak penanda revolusi computer,khususnya perangkat CPU.IC menutup kelemahan yang ditimbulkan oleh pemakaian transistor pada CPU yang menjadikan perangkat computer cepat panas.
Walaupun dalam banyak hal,transistor mengungguli tube vakum,namun pemakaian transistor menghasilkan panas cukup besar yang berpotensi merusak bagian – bagian dalam computer.
Batu kuarsa berhasil mengatasi masalah ini. IC memadukan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.lalupara ilmuwan berhasil memadatkan banyak komponen CPU ke dalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Ditemukannya system operasi sebagai bagian dari perangkat lunak juga menjadi penanda penting generasi ini.
4.      Generasi Keempat
Pembuat Chip Intel 4004 pada 1971 oleh intel membawa kemajuan cukup signifikan bagi perkembangan CPU.Saat itulah penggabungan berbagai komponen yang sebelumnya terpisah pada perangkat CPU menjadi kenyataan.Komponen – komponen seperti memori,bus,dan prosesor dapat disatukan hanya dalam satu perangkat chip yang kecil.
Komputer tidak lagi sebesar lapangan sepakbola atau seukuran gedung dan kamar.komputer berubah menjadi jauh lebih mini.maka pada awal 1970-an, mulailah computer diproduksi untuk semua kalangan,tidak hanya sebatas pada pelaku bisnis besar.
Jika sebelumnya CPU dalam sebuah computer terpisah dari layar monitor, penemuan laptop pada awal 1990-an mengubah paradigm bahwa computer harus berada pada satu tempat tertentu.Apa lagi waktu itu kebutuhan manusia akan perangkat computer yang mudah dibawa ke mana-mana mulai meningkat.makapenemuan laptop menjadi kabar yang sangat menggembirakan.Saat itulah CPU mulai terintegrasi dengan layar monitor.
Era globalisasi ditandai dengan revolusi onternet pada awal 1990.Paradigma manusia terhadap benda computer semakin fleksibel lagi.berkat teknologi internet yang memudahkan berbagai akses informasi,manusia semakin ingin berkeliling dunia.
Trend yang berkembang selanjutnya yaitu menyatunya perangkat CPU dengan monitor,yang dikenal dengan nama tablet PC.contohnya adalah Ipad.
Kecepatan prosesor dinyatakan dengan satuan megaherts MHz atau gigaheehertz GHz. Kecepatan Pentium 4 misalnya telah mencapai 4,4 GHz dan sangat memungkinkan masih akan terus bertambah. CPU mempunyai bagian-bagian penting. Register adalah memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangat tinggi. Memori ini digunakan untuk berbagai operasi dalam CPU.
Unit kontrol berfungsi mengendalikan seluruh perangkat dalam sistem komputer. Hal ini dapat dianalogikan dengan otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakkan di dasarkan pada instruksi yang terdapat pada program komputer. Setiap instruksi diterjemahkan ke dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan dimaksud instruksi bersangkutan.
Unit aritmetika dan logika berperan dalam melaksanakan berbagai operasi perhitungan seperti pengurangan, penjumlahan dan penggalian, maupun operasi pembandingan seperti membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.
Fungsi CPU
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

B.Perangkat Dalam CPU
Bagian-Bagian CPU Di dalam CPU terdapat beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing yang saling berkaitan. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Power Supply
Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
§  Motherboard
§  Harddisk
§  Floppy Disk Drive
§  CD
§  ROM

2.      Motherboard
Motherboard ialah papan utama, atau papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer. Motherboard yaitu papan PCB yang mempunyai jalur – jalur sistematis yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Motherboard bisa disebut juga Mainboard. Pada mainboard terdapat bagian – bagian input maupun output berupa socket ataupun slot. Seperti socket processor, slot memory, konektor IDE, socket Catu daya, Slot peripheral, I/O port, dll. Jadi semua tempat untuk komponen sudah tersusun rapi di dalam motherboard ini. Motherboard disimpan atau ditempatkan di Casing (Kotak Komputer).
3.      Hardisk
Hardisk atau bisa disebut juga hard drive, fixed disk, HDD, atau cukup hard disk saja, adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Hard disk terdiri atas tiga bagian utama, yaitu piringan magnetik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. Piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut. Jenis-jenis Hardisk diantaranya :
– ATA
– SATA
– SCSI


4.      Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
5.      VGA Card
Kartu VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Hampir semua program menghasilkan keluaran visual, kartu VGA adalah hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat.
6.      CD / DVD Room
CD Room CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
7.      Kabel Data
Kabel data mempunyai fungsi penting juga yakni untuk menghubungkan 1 komponen komputer dengan komponen lainnya, sebagai contoh kabel data ini dapat menghubungkan antara motherboard dan hardisk, tujuannya adalah Hardisk kita dapat terbaca dan melewati sistem yang ada pada motherboard.
8.      LAN Card (Local Area Network)
LAN Card mempunyai fungsi sebagai penghubung antara komputer 1 dengan komputer yang lainnya, selama kita mempunyai LAN Card ini sangat memungkinkan kita dapat terhubung dengan internet (tentunya jika kita mempunyai jaringan ADSL) ataupun bisa terkoneksi dengan komputer yang lainnya (jika terhubung ke dalam HUB/Switch).
9.      Kabel UTP
Kabel UTP mempunyai fungsi untuk menghubungkan komputer 1 dengan komputer lainnya, jika kita memiliki LAN Card, tapi tidak memiliki kabel UTP maka sangatlah mustahil kita dapat melakukan koneksi antara 1 komputer dengan komputer yang lainnya.
10.  RAM
RAM (Random Access Memory) Memory adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat mengolahnya. RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data. RAM bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat dihapus.lain halnya dengan ROM.ROM mempunyai fungsi yang sama dengan RAM tetapi ROM bersifat permanen atau data yang tersimpan tidak dapat dihapus.

11.  Chipset
     Chipset merupakan sepasang chip yang mengendalikan processor dan fitur-
fitur yang terdapat pada motherdoard secara menyeluruh. Sepasang chip ini, yang
pertama disebut North Bridge Chip dan yang satunya disebut South Bridge Chip.

12. Chip CMOS
    Chip CMOS bertugas menyimpan semua pengaturan yang dilakukan oleh
pengguna. Agar pengaturan-pengaturan pada BIOS dapat terus tersimpan dalam
chip CMOS yang menggunakan memori NVRAM/TC (Non Volatile RAM/Real-
Time Clock). Chip CMOS sendiri bentuknya beragam. Jika pada generasi
pentium-III atau sebelumnya bentuknya mirip dengan IC yang beredar, saat ini
chip CMOS bentuknya lebih ramping dan biasanya hanya berbentuk bujur
sangkar dengan ukuran yang sangat kecil. Meski ukurannya kecil, rata-rata chip
CMOS pada motherboard modern berisi program BIOS dengan kapasitas 4 MB.

13. CMOS Battrey
    Baterai CMOS berfugsi untuk menyuplai arus secara terus menerus sehingga
pengaturan BIOS yang telah dibuat pada chip CMOS tidak hilang. Baterai CMOS
yang banyak dipakai umumnya berbentuk bundar pipih terbuat dari lithium dari
tipe CR2032 yang cukup tahan bekerja hingga ribuan jam. Baterai jenis ini dapat
diganti dengan mudah bila kemampuannya sudah menurun atau habis.

14. Soket Processor
     Soket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.
     Istilah soket (nama lengkapnya adalah soket CPU atau soket prosesor) telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan motherboard dengan prosesor, khususnya untuk tipe komputer desktop dan server.

15.  Slot Memory
    
Slot memory adalah tempat untuk memasangkan memory RAM pada motherboard.

16. Sound Card
        Sound card adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan suara pada speaker dengan menggunakan kabel dan jack connectornya (penerjemah output komputer ke speaker).

17. Panel
a)   PS/2 Mouse Port.
b)   PS/2 Mouse Port adalah port penghubung alat masukan mouse.
c)   PS/2 Keyboard Port.
d)   PS/2 Keyboard Port merupakan port penghubung alat masukan keyboard.
e)   Coaxial S/PDIF in Connector.
f)   Coaxial S/PDIF out Connector.
g)   IEEE 1394a Port.
h)   Lan Port.
i)   Lan Port merupakan port yang memiliki fungsi sebagai penghubung komputer ke jaringan.
j)   USB Port.
k)   USB Port merukan port penghubung masukan dari perangkat luar seperti mouse usb, keyboard usb, flashdisk, atau yang lainnya.

18. IDE Connection
    IDE Connection merupakan penghubung antara motherboard dengan Optic
drive, Floppy Disk, atau dengan Harddisk ATA.

19. SATA Connection
     Serial ATA Connection merupakan penghubung antara motherboard dengan
harddisk SATA.


20. Soket Power Supply
   Soket power supply merupakan penghubung antara motherboard dengan
power connector dari power supply.


C.CARA KERJA CPU
Adapun cara kerja dari CPU dapat dilihat dari urutannya sebagai berikut:
1.      Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage);
2.      Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).
3.      Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.
4.      Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.
5.      Hasilnya ditampung di Accumulator.
6.      Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.
7.      Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

D.Kelebihan dan Kekurangan CPU
Seperti yang kita ketahui, dari sekian banyak produsen prosesor yang ada, hanya ada dua merk dagang yang menguasai pasar dunia dan khususnya di Indonesia, yaitu Intel dan AMD (Advance Micro Device). Dan mungkin bagi sebagian besar orang awam malah hanya menegenal satu nama saja, yaitu Intel. Namun, bagi orang yang sudah terjun di dunia komputer saya kira sudah tidak asing lagi kalau mendengar nama AMD.
Tapi sayangnya nama AMD ini dipersepsikan sebagai prosesor yang murahan, cepat panas, dan jelek. Bahkan ada yang berasumsi bahwa processor AMD merupakan imitasi dari prosesor Intel. Hmm… Ya nggak salah juga sih, awalnya AMD memang hanya membuat prosesor dengan meniru teknologi Intel dan atas izin pihak Intel tentunya. Namun, karena satu dan lain hal, terjadi persengketaan yg cukup sengit antara Intel dan AMD dan pengadilan mengharuskan AMD mengembangkan sendiri teknologi pembuatan prosesornya . Sejak itulah para enginer AMD terpaksa bekerja keras untuk membuat prosesor sendiri agar tidak dituduh menjiplak prosesor Intel.
Akhirnya mereka pun berhasil membuat prosesor yang bisa mengimbangi Intel, bahkan dalam suatu periode waktu tertentu procesor mereka mampu mengungguli guru-nya, dalam hal ini gurunya yg dimaksud adalah procesor Intel. Namun harus diakui bahwa dalam bidang pemasaran AMD masih tertinggal jauh dari Intel, tetapi tidak dalam bidang “Teknologi”nya. Dan menurutku persepsi bahwa AMD itu murahan, cepat panas, jelek, dll saat ini sudah tidak berlaku.
Apalagi AMD saat ini sudah mengeluarkan prosesor terbarunya yaitu AMD Bulldozer yang diklaim merupakan procesor tercepat saat ini. Dan itu merupakan saingan dari Core i7 milik Intel. Tentu kita punya pilihan yang sama-sama mumpuni untuk prosesor, entah itu Intel maupaun AMD. Keduanya sama sama baik. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dan ini ada sedikit perbandingan antara kedua procesor tersebut.
Kelebihan Intel
Ø   Temperatur pada Intel dapat diatur oleh prosesornya sendiri. Artinya prosesor Intel akan mengurangi kecepatan kinerjanya jika prosesor terlalu panas
Ø   Tidak berisik. Karena beberapa versi dari procesor Intel tidak menggunakan pendingin aktif seperti kipas, melainkan hanya menggunakan heatsink saja
Ø   Intel menang di brand image dan pemasaran-nya. Mungkin ini dikarenakan Intel ada lebih dulu ketimbang AMD
Ø   Dengan harga yang standar (misalnya Intel Pentium 4), kinerjanya sudah lumayan cepat
Ø   Prosesor Intel lebih kuat pada aplikasi multimedia
Kekurangan Intel
Ø   Jika terjadi kerusakan akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, karena pada beberapa produk, prosesor dan motherboardnya menyatu.
Ø   Lemah dalam urusan grafis
Ø   Harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk performanya yang hebat

Kelebihan AMD
ü   Harga relatif lebih murah daripada procesor Intel
ü   Hyper Transport Technology. Teknologi penggandaan bus pada jalur system sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalu lintas data yang lebih cepat
ü   Integrated Memory Controller. Memungkinkan prosesor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu
ü   Enhanced Virus Protection. Teknologi yang memungkinkan prosesor mendeteksi virus sehingga tidak akan diproses apabila terdeteksi
ü   Cool n’ Quiet. Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan
ü   AMD64 Technology. Teknologi yang sangat mumpuni untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis 64 bit
Kekurangan AMD
ü   AMD cepat panas. Namun itu dapat diatasi dengan cooler, seperti teknologi Ice Cool pada ASUS.
ü   AMD kurang terkenal jika dibandingkan dengan Intel. Masyarakat lebih menggandrumi Intel dibanding AMD
ü   Tidak semua game kompatibel dengan AMD

MENGINTIP CARA KERJA CPU PADA KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA
Sama halnya dengan kalkulator, CPU rupanya berfungsi sebagai mesin penghitung. Hanya saja CPU ini jauh lebih kuat dan canggih dalam pemrosesannya. Fungsi yang paling utama dari CPU yaitu melakukan suatu operasi aritmatika dan logika pada data yang sudah diambil dari RAM. Tidak hanya itu, CPU juga memproses sebuah instruksi yang dimasukkan melalui perangkat keras seperti keyboard, scan, joystick, mouse dan lain sebagainya.

D.CARA KERJA CPU

CPU sebenarnya dapat dikontrol dengan menggunakan sekumpulan instruksi dari semua perangkat lunak yang ada di komputer, terutama Sistem Operasi. Dengan perangkat lunak tersebut maka CPU dapat menjalankan beberapa instruksi dengan membacanya dari media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk dan CD/DVD.
Beberapa instruksi itu kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM. Setelah itu setiap instruksi yang ada pada RAM akan diberikan sebuah alamat unik atau biasa disebut dengan alamat memory. Selanjutnya, CPU akan mengakses tiap data-data pada RAM dengan menentukan alamat mana yang akan dieksekusi.

Saat sebuah program telah tereksekusi, maka data akan mengalir dari RAM ke sebuah unit yang biasa disebut dengan bus. Bus inilah yang nantinya akan menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data selanjutnya akan di-decode dengan menggunakan unit pen-decoder instruksi yang nantinya akan diterjemahkan oleh unit tersebut. Kemudian, data akan berjalan ke sebuah unit aritmatika dan logika (ALU) yang nanntinya akan melakukan kalkulasi dan perbandingan.
Data yang masih setengah matang sementara disimpan oleh ALU dalam sebuah lokasi memori atau biasa disebut dengan register. Fungsi register ini agar data dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU juga dapat melakukan beberapa operasi tertentu seperti penjumlahan, perkalian, pengurangan serta pengujian kondisi pada data dalam register hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali menuju memori fisik dan media penyimpanan.
Selama proses ini terjadi, sebuah unit penghitung program di dalam CPU akan terus melakukan pemantauan instruksi yang sukses dijalankan. Hal ini bertujuan agar instruksi tersebut bisa dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.
Sebuah sistem komputer pastinya memiliki lima unit yang terdiri dari struktut dasar, yaitu:
§         Unit Masukan (Input Unit)Unit Kontrol (Control Unit)
§         Unit Logika dan Aritmatika (Arithmetic & Logical Unit/ALU)
§         Unit Memori Penyimpanan (RAM/Storage Unit)
Control Unit dan ALU akan membentuk sebuah unit tersendiri yang disebut denga Central Processing Unit (CPU). Selanjutnya data yang telah diterima melalui Input Device akan dikirim ke unit memory fisik yaitu RAM. Setelah itu ALU akan memproses data yang tersimpan di dalam RAM. Hasil proses yang telah selesai akan disimpan kembali ke dalam RAM sebelum dikeluarkan melalu Output Device.
Kendali dan koordinasi terhadap suatu sistem diatas merupakan proses dari apa yang dilakukan oleh Control Unit. Secara ringkas, prinsip kerja komputer yakni Input-Proses-Output (IPO). Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari masing-masing unit yang bekerja pada komputer :

1. UNIT MASUKAN (INPUT UNIT)


Unit ini berfungsi sebagai penerima dan pembaca masukan instruksi dari pengguna ke komputer. Setelah itu intruksi tersebut akan diproses dan diteruskan menuju RAM maupun tempat penyimpanan (hardidsk).

2. UNIT CONTROL (CONTROL UNIT)

Selain berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan, rupanya unit kontrol ini juga melakukan pengendalian pada seluruh sistem yang ada pada komputer. Seperti pengatur rumah tangga pada komputer, unit ini mempunyai kewenangan dalam melakukan beberapa eksekusi. Misal membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan beberapa operasi dan arus data dari alamat bus sampai dengan data bus.

3. UNIT LOGIKA & ARITMATIKA (ARITMETICAL & LOGICAL UNIT)

Melaksanakan berbagai pekerjaan perhitungan seperti aritmatika dan logika merupakan salah satu fungsi dari unit ini. Selain itu, unit ini juga bertugas untuk menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan pada saat pemrosesan data.
Salah satu contoh dari proses itu yakni ALU dapat melakukan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data serta perbandingan data. Tidak heran jika ALU ini merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer.

4. UNIT MEMORI PENYIMPANAN (RAM/STORAGE UNIT) 

Dari namanya saja kita sudah tau kalau unit ini memang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Data yang telah diterima dari unit masukan akan ditampung ke dalam media penyimpanan tersebut sebelum diolah oleh CPU.
Setelah semua data telah terproses, maka selanjutnya data akan diteruskan menuju unit keluaran. Suatu sistem komputer sebenarnya memiliki dua macam memori yakni ROM dan RAM. Rom berfungsi untuk membaca sebuah data tanpa menulis, sedangkan RAM berfungsi untuk membaca dan menulis suatu data.

5. UNIT KELUARAN (OUTPUT UNIT)

Serupa tapi tak sama dengan Input Unit, unit ini berfungsi sebagai penerima hasil dari pengolahan data dari CPU melalui memory. Sama halnya pada unit masukan, maka pada unit keluaran ini juga dikenal dengan beberapa alat untuk hasil keluaran yakni Output Device.

PENUTUP
A.Simpulan
Central Processing Unit; (CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
B.Saran
Makalah yang kami buat jauh dari kata sempurna, oleh karena itu untuk menambah pemahaman dan memberikan pengetahuan yang lebih banyak, alangkah lebih bijaksananya apabila pembaca mencari referensi tambahan sebagai bahan acuan. Kritik dan saran juga selalu kami terima, karena dengan kritik dan saranlah makalah ini menjadi jauh lebih sempurna.

Referensi Media Massa
Amaludin. 2014. “Pengertian dan Bagian CPU” di unduh dari (http://tubagusamaludin.blogspot.com/2014/10/pengertian-dan-bagian-cpu.html), pada 11 Maret 2015.
Anonim. 2012. “Pengertian Central Processing Unit (CPU)” di unduh dari (http://www.artikeltik.com/pengertian-central-processing-unit.html), pada 11 Maret 2015.
Wikipedia. 2014. “Unit Pemroses Sentral” di unduh dari (http://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral), pada 11 Maret 2015


Previous
Next Post »
0 Komentar